PinoguNews.Com

“Gorontalo Bergerak” Melalui Jum’at Bersih, Cara Pencegahan Wabah Covid-19

KOTA GORONTALO–Pencanangan
“Gorontalo Bergerak” melalui Gerakan Jum’at Bersih, menjadi sesuatu hal yang sangat penting dilakukan, khususnya dalam rangka pencegahan wabah Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

Upaya pemerintah dari pusat hingga tingkat pemerintahan terbawah, makin terus dilakukan demi menghentikan virus yang telah merenggut nyawa ribuan orang di seluruh belahan dunia tersebut.

Pemerintah tengah giat-giatnya melakukan kegiatan kuratif dan rehabilitatif terhadap penyebaran Virus Corona, di setiap Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Sebagai jawaban atas sikap pemerintah Provinsi Gorontalo, maka Pemerintah Kota Gorontalo pun memang telah melakukan berbagai hal dalam rangka pencegahan virus berbahaya ini.

“Pemerintah Kota Gorontalo, terlibat dan peduli aktif dengan menggalakkan kegiatan yang sifatnya promotif dan preventif melalui Gerakan Jum’at Bersih,” ucap Camat Kota Timur, Eladona Sidiki.

Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan Edaran Gubernur Gorontalo tentang kegiatan “Gorontalo Bergerak” di masing-masing kelurahan dan kecamatan yang mulai dicanankan Jum’at (20/03).

Langkah mengantisipasi merebaknya wabah COVID-19, selain melaksanakan bakti sosial seperti pembersihan lingkungan di setiap wilayah kelurahan, jajarannya pun turut melaksanakan aksi pembersihan seluruh masjid dan mushala yang tersebar di seluruh Kecamatan Kota Timur.

“Melalui gerakan seperti ini, harapan kami sebagai pemerintah, masyarakat Kota Gorontalo dapat terhindar dari wabah tersebut” urai Eladona Sidiki.

Khusus untuk Kecamatan KotabTimur, gerakan ini telah ditindak lanjuti oleh semua kelurahan. Pemantauan pun langsung dilakukan di lapangan.

“Semua aparat bergerak bersama masyarakat melakukan kegiatan bersih lingkungan dan tempat ibadah masjid dan musolah. Tentunya dengan memperhatikan arahan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kota Gorontalo, untuk tetap menjaga lingkungan sekitar, dengan melaksanakan kiat-kiat pencegahan,” ujar Eladona.

Sementara itu, di Kecamatan Dungingi dilakukan kegiatan serupa dengan melibatkan semua komponen masyarakat

“Gerakan seperti ini, patut dijadikan agenda rutin di semua wilayah Kota Gorontalo. sambil menghidupkan budaya Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekitar tempat tinggal warga,’ kata Camat Dungingi Sriyanti Ano.

Mengikuti ajakan dan himbauan Walikota Gorontalo, Marten Taha, Ariyanto Ano juga menghimbau warganya tidak panik, tetapi harus tetap waspada.

Menyikapi Surat Edaran yang dilayangkan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie pada 19/03 lalu, Pemerintah Kota Gorontalo telah menindak lanjutinya ke masing-masing Camat dan Lurah.

“Kami sudah menindak lanjuti Edaran Gubernur ke para Camat dan Lurah se-Kota Gorontalo, sebagai ujung tombak di wilayah dengan melaksanakan Gerakan Jum’at Bersih di lingkungan kerjanya masing-masing,” ungkap Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, Ismail Madjid.

Penyebaran wabah Virus Corona sudah semakin meluas, dan telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai Bencana Nasional Non Alam.

“Maka diperlukan langkah-langkah strategis dan antisipatif berbasis lingkungan dalam mengatasi permasalahan tersebut. Seperti melaksanakan kegiatan “Gorontalo Bergerak”, dengan aktifitas berupa Gerakan Jum’at bersih diseluruh wilayah dan lingkungan kerja se Provinsi Gorontalo ,” ungkap Ismail. (**)

Berita terkait lainnya

Presiden Joko Widodo : Kepala Daerah, Keselamatan Rakyat Hukum Tertinggi

Robiyantoro Hulopi

Dalam Debat Terakhir, Pasangan RA-DG Prioritaskan Teknologi Pertanian

Imran Husain

Tutup Debat Terakhir, Pasangan Chamdy-Tomy Prioritaskan Kaum Milenial

Imran Husain

Leave a Comment